قسم تعليم اللغة العربية

Prodi Pendidikan Bahasa Arab
STAI DR.KH.EZ MUTTAQIEN PURWAKARTA

(25/02/2021) HMJ PBA mendelegasikan 11 orang mahasiswa yang aktif yaitu Imam Nakhoi (Mahasiswa semester 2), Aas Mulyati (Mahasiswa semester 4), Elsa Nurmawati (Mahasiswa semester 4), Puji Ramadan (Mahasiswa semester 6), Gumawan ( Mahasiswa semester 6), Dadang Usman (mahasiswa semester 6), Miftahurrohmah (mahasiswa semester 6), Nisa Paudjiah (mahasiswa semester 6), Dede Mariah (mahasiswa semester 6), Zakiyah Indah Nurhasanah (mahasiswa semester 6) dan Nadia Fitriani (mahasiswa semester 6) 6) 6) 6) untuk mengikuti acara Kemah Bahasa Arab (KBA) dan Musyawarah Wilayah (MUSYWIL) di Banten.

Sebelum pemberangkatan diadakan Pembekalan dari pihak kampus, yang mana dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kaprodi STAI DR. KH.EZ Muttaiqen. Pembekalan ini diadakan untuk memberikan dukungan kepada mahasiswa agar selalu produktif dan semangat dalam mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi baik diranah lokal, regional maupun nasional yang kali ini di adakan oleh ITHLA (ittihadu Tolabah Al lugoh al arobiyah) Persatuan mahasiswa Bahasa Arab Dewan Pimpinan Wilayah II ( DKI Jakarta-Jawa Barat-Banten).

(26/2/2021) Kemah Bahasa Arab (KBA) dimulai pada pukul 09.30 di Aula Villa Curug Jaya Mas, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang-Banten. Peserta dan panitia yang mengikuti acara Kemah Bahasa Arab (KBA) tetap melaksanakan Protokol kesehatan yang berlaku. Sebelum masuk peserta didik untuk tata tertib administrasi untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut. Tema KBA kali ini yaitu “Bergembira dengan menghitung kuantitas kuantitas dengan kualitas”.


Tahun ini yang menjadi tuan rumah acara KBA yaitu dari UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. Namun pada tahun 2019 KBA ini di adakan di Ujung Aspal Purwakarta, yang mana tuan rumah adalah dari STAI Dr. Kh. Ez. Muttaqien Purwakarta. Acara KBA di Buper Padarincang, Banten ini berlangsung 3 hari yaitu dari tanggal 26-28 Februari 2021.

Didalam kegiatan KBA terdapat beberapa kegiatan, di antaranya Forum pelajar bahasa arab se DPW II, forum diskusi pelatihan debat bahasa arab, seminar nasional dan perlombaan, ada 3 jenis perlombaan yang di ikuti oleh delegasi HMJ PBA antara lain, Khitobah yang di wakili oleh saudari Dede mariah (Mahasiswa semester 6) Ghina Aroby yang diwakili oleh Elsa Nurmawati (Mahkota Semester 4) dan Taqdhimul Qishoh yang di wakili oleh Imam Nakhoi (mahasiswa semester 2). Dari deretan lomba yang di ikuti, HMJ PBA meraih juara 1 dalam perlombaan Taqdimul Qishoh dalam kegiatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *