Profil Prodi

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (yang selanjutnya disingkat Prodi PBA) merupakan salah satu di antara Program Studi yang ada pada Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (yang selanjutnya disingkat STAI) DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta yang telah beroperasi setelah terbitnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 361 Tahun 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Program Sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta tanggal 20 Januari 2015 lalu.

Prodi PBA STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta didirikan untuk memberi solusi terhadap berbagai problema pengembangan Pendidikan Bahasa Arab dengan tujuan menghasilkan insan akademisi yang ahli dalam bidang bahasa Arab yang unggul dan berdaya saing.

Keberadaan Prodi PBA dinilai sangat penting dalam rangka menjawab berbagai tantangan sekaligus peluang di tengah perkembangan zaman yang syarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di kalangan umat Islam meng-ingat bahwa bahasa Arab merupakan bahasa agama dan sumber pengetahuan ilmu agama terutama bahasa Arab merupakan bahasa al-Qur’an dan Nabi Muhammad SAW sebagai seorang nabi terakhir yang lahir dari keturunan bangsa Arab.

Selain itu, bahasa Arab juga merupakan salah satu di antara bahasa yang telah diakui dan menjadi bahasa resmi dunia Internasional seperti halnya bahasa Inggris, seiring dengan pertumbuhan politik, budaya, dan ekonomi di kalangan negara-negara berbahasa Arab. Sedangkan pada tingkat nasional, berbagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia khususnya seperti, madrasah, pesantren, sampai perguruan tinggi Islam terus tumbuh menjamur sehingga banyak memerlukan tenaga ahli baik itu sebagai tutor, guru, dan dosen di bidang bahasa Arab.

Tidak hanya itu, bahkan dalam banyak bidang yang lain seperti ekonomi, politik, sosial, dan budaya kebutuhan akan tenaga ahli di bidang bahasa Arab juga terus mengalami peningkatan yang signifikan seperti jasa penerjemah, guide, pejabat kedutaan timur tengah, jurnalis, sutradara perfilman dan lain sebagainya. Dengan demikian, tampak jelas bahwa sesungguhnya peluang kerja bagi para lulusan Jurusan Prodi PBA ini cukup besar.